Selasa, 17 Juni 2014

Candi Cetho, Batu Kelamin 2 meter & Aura Magis - Karanganyar FA

     Candi Cetho,merupakan candi dengan latar belakang Hindu yang terletak di Desa Gumeng,Kecamatan Jenawi, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Candi yang ukuran panjangnya 190m dan lebar 30m dengan tempat yang berada di ketinggian 1496m di atas permukaan laut (di lereng Gunung Lawu) ini mempunyai pola halaman berteras dengan susunan 13 tingkat meninggi ke arah puncak.

      Candi Cetho berada dikawasan Gunung Lawu yang memiliki pesona alam yang indah,hamparan kebun teh memanjakan mata, ditambah dengan kesejukan udaranya yang membuat ketenangan dan kebeningan hati bagi pengunjungnya.

     
      Candi yang sangat eksotik ini, yang membuat saya saat pertama kali tiba disana merasakan sensasi seperti berada di Pulau Dewata Bali. Gapura tinggi menjulang, patung-patung serta relief, aroma dupa sesajen dan upacara keagamaan Hindu serta kabut tebal yang sering secara tiba-tiba menyelimuti candi membuat kesan magis kental terasa.

     Untuk mencapai gapura utama, harus melawati anak tangga yang bertingkat dan ada dua patung yang menyambut. Walau cukup melelahkan, tapi terbayarkan setelah melewati gapura utama. Taman hijau yang indah menyambut. Bangunan inti candi yang sudah mulai nampak di kejauhan.

      Setelah melewati taman hijau dan naik ke tingkat selanjutnya, terdapat relief dan simbol-simbol dari kerajaan Majapahit, salah satunya adalah batu yang di susun di atas tanah membentuk kura-kura raksasa dan batu yang berbentuk alat kelamin laki-laki sepanjang 2 meter.

      Di kompleks candi cetho ini juga masih ada candi kecil yakni candi kethek yang terletak 300 meter di samping candi utama dan masih satu rangkaian dengan candi cetho. Kedua candi tersebut merupakan peninggalan Raja Majapahit terakhir, Prabu Brawijaya V. Terdapat pula Puri Taman Saraswati dengan patung Saraswati yang di datangkan dari Bali yang makin menambah keindahan candi cetho.

      Untuk bisa menikmati keindahan dan keunikan candi cetho serta merasakan ketenangan dan kebeningan hati, bagi wisatawan domestik tiket masuk seharga Rp 3.000,00 mancanegara Rp 10.000.

      Berikut foto-foto di candi cetho..

Tidak ada komentar: