Senin, 01 Juni 2015

cara mengatasi rantai fu berisik

Cara Mengatasi Rantai Berisik Pada Satria F150 Mudah dan Murah

      Assalamuallaikum, Wr. Wb.
      Pada postingan kali ini saya akan membahas tentang Cara Mengatasi Rantai Berisik Pada Satria F150, mudah, murah dan sederhana. Mengingat salah satu kelemahan motor yang seperti belalang sembah ini adalah rantai rodanya yang berisik, (kletek-kletek) jika meluncur di jalan tak rata. Oleh sebab itu lah Cara Mengatasi Rantai Berisik Pada Satria F150 saya terbitkan. Hehe..
      Bagi para Fu'ers masalah Cara Mengatasi Rantai Berisik Pada Satria F150 mesti sering di alami. Rantai roda Fu yang panjang dan jarak dengan lengan ayun yang tipis, di tambah karet alas rantai bawaan pada Fu (yang melekat di lengan ayun) terbuat dari bahan yang keras. Semua itu menyebabkan rantai membentur lengan ayun saat berjalan di jalan tak rata, sehingga berbunyi kletek-kletek yang membuat tak nyaman.
      Bunyi tersebut membuat miris pengendaranya serta menyiutkan nyali jika meluncur di jalan tak rata (padahal di daerah ku jalan nya tak ada yang rata) hahaha.. Apalagi jika boncengin cewek,. Aduuuhh,. Jadi minder rantai berisik, kaya naik motor tua. Hehe.. Tapi tenang, ada obat yang insyaallah jitu buat atasi masalah itu. Sudah ku aplikasikan dan hasilpun tak mengecewakan.
      Sebelum membahas Cara Mengatasi Rantai Berisik Pada Satria F150, pastikan dulu rantai serta gear dalam kondisi yang masih bagus. Belum kend0r atau pun aus. Dan pastikan selalu melakukan perawatan secara berkala pada rantai, misal dalam penyetelan kekencangan serta pelumasan rantai.
     Oke, langsung ke pembahasan.. yang harus di siapkan, pertama dan yang paling utama dan wajib ada adalah motor Fu nya, hehehe. Setelah itu siapkan gunting, lem, dan alas rantai milik Jupiter Z. Alas rantai Jupe Z mudah di dapat di bengkel-bengkel motor dan harganya juga berkisar 10ribuan. Saya mengadopsi alas rantai Jupiter Z untuk di tambahkan pada alas rantai Fu yang keras.
      Jika peralatan sudah siap, langkah pertama adalah gunting lah alas rantai Jupiter Z dengan pola seperti pada gambar di bawah..
      Maka akan di peroleh bentuk potongan alas rantai Jupiter Z, yang nantinya akan di tempelkan di atas alaz rantai Fu bagian atas, seperti ini :
      Kemudian bersihkan dulu alas rantai Fu dengan menggunakan lap, agar nanti dapat menempel sempurna potongan alas rantai Jupe Z nya..
      Setelah bersih,ambil potongan alas rantai Jupe Z, kasih lem secukupnya pada bagian seperti pada gambar dibawah.
      Setelah pemberian lem selesai, letak kan dan tempelkan potongan alas Jupe Z nya pada bagian atas alas rantai Fu,. Setelah tertempel, beri lem di tepian nya untuk memperkuat.
      Seperti inilah penampakan setelah pemasangan potongan alas rantai Jupe Z pada alas rantai Fu..
      Langkah berikutnya setelah langkah sebelumnya penempelan pada bagian atas alas rantai Fu, sekarang pindah ke bagian bawahnya, dimana sebenarnya rantai yang sering membentur lengan ayun saat di jalan tak rata adalah rantai yang di bawah lengan ayun. Untuk itu, penempelan potongan alas rantai Jupe Z pun juga perlu di lakukan di bagian bawah. Karena akan percuma apabila cuma di tempel di atas saja.
      Sebelum melakukan proses penempelan sama seperti proses di atas tadi. Cek dulu kondisi alas rantai Fu anda, masih menempel sempurna apa tidak dengan lengan ayun, apabila sudah ada celah dan longgar itu lah yang akan menyebabkan bunyi tek-tek-tek apabila rantai diawahnya membentur. Seperti punya ku yang dah longgar ni, Lihat gambar di bawah..
      Jika sudah longgar seperti itu, langkah selanjutnya akan di bahas di bawah ini, apabila masih rapat, bisa di lompati proses ini. Ambil lah sisa potongan alas Jupe tadi, lalu potong seperti ini.
      Setelah itu, ambil potongan yang kecil, berbentuk kotak, kasih lem secukupnya, masuk kan pada celah tadi.
      Lanjut ke proses terakhir, yaitu penempelan bagian bawah, ambil sisa terakhir potongan alas Jupe Z. Bentuk nya sama seperti potongan yang paling awal tadi. Potonglah bagian yang seperti sirip. Lihat gambar di bawah..
      Kemudian kasih lem secukupnya pada bagian yang sekiranya akan menempel. Setelah itu tempel kan pada bagian bawah alas rantai Fu.
      Seperti inilah penampakannya pada bagian bawah..
      Dan inilah hasil akhirnya...
      Haaaahh, legaa,. Dan ucapkan selamat tinggal pada rantai berisik kletek-kletek. Hehe.
      Itulah tadi Cara Mengatasi Rantai Berisik Pada Satria F150 versi saya. Selain cara itu, bisa juga memakai alas rantai Jupiter MX, tidak perlu pake acara pengeleman, karena bentuknya mirip dengan alas rantai Fu. Tapi pemasangannya sulit. Lebih baik minta bantuan bengkel jika ingin memasang alas rantai Jupiter MX pada Fu. Harga nya juga lebih mahal di banding alas rantai Jupiter Z. MX sekitar 25-30ribu. Z sekitar 10an ribu. Mungkin pake chain tensioner juga bisa. Tapi saya sendiri belum mencoba apakah efektif atau tidak.
      Semoga bermanfaat.. dan terimakasih atas kunjungannya di blog saya.
      Wassalamuallaikum, Wr. Wb.

Tidak ada komentar: